Jumat, 10 April 2009

Apa yang terjadi dengan pemilu 2009??

Seluruh rakyat indonesia telah menunggu dari jauh-jauh hari perayaan pesta demokrasi Indonesia, dan sudah "memantau", "mengira-ngira" dan banyak pertimbangan maupun persiapan untuk pemilu tanggal 9 april'09 yang telah lewat lalu.
namun apa yang terjadi?
Sangat banyak orang yang tidak terdaftar dalam DPT pemilu legislatif kemarin?
di televisi pun banyak laporan mengenai ketidak siapan KPU dalam pemilu kali ini?
mulai dari tertuarnya surat suara, keadaan keamanan yang tidak kondusif, kacau balaunya DPT, sampai hal-hal yang sangat penting.

saya hanya berkapasitas untuk menanggapi, bukan ceramah bahkan menggurui.
Bukan pula menyalahkan sepenuhnya pihak yang bertanggung jawab dengan ini semua, tapi dilihat dari awal tahun 2009 saja, persiapan untuk pemilu ini kaya SKS (Sistem Kebut Semalam), saat para parpol gembar gembor meributkan DPT yang Pilkada Jatim yang carut marut serta menyangsikan DPT untuk pemilu legislatif ini, Barulah pihak-[ihak bergerak untuk "mengecek" itupun kurang lebih seminggu sebelum hari H.

biasanya sudah dari jauh-jauh hari ada sensus untuk pemilu, dan itu lebih realistis menurut saya, karena nama-nama pemilih didaftarkan lagi dengan keadaan yang sekarang berlaku, bukan menggunakan "Daftar Bekas", sehingga orang-orang yang telah meninggal tidak tercantum lagi.

yach, wallahu'alam semoga ini dapat membawa perubahan yang berarti dan semoga tidak menimbulkan masalah dikemudian waktu, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar